Beasiswa Kuliah 13 Program Studi UNISA Kuningan

Beasiswa Kuliah 13 Program Studi UNISA Kuningan (Universitas Islam Al-Ihya Kuningan)

beasiswa kuliah unisa kuningan

Pendaftaran Mahasiswa Baru UNISA Kuningan

Semester Ganjil Tahun 2023/2024
Diselenggarakan bagi semua tamatan/lulusan SMA/SMK, D1, D2, D3/Poltek/Akademi, dsb; melanjutkan pendidikan tinggi ke Sarjana / S-1 atau pindah prodi.

Gelombang I = 31 Maret - 1 Mei 2023
Gelombang II = 2 Mei - 3 Juli 2023
Gelombang III = 4 Juli - 5 September 2023

✅ Pendaftaran Mahasiswa dibuka SETIAP HARI: Senin s/d Minggu Jam 09.00 - 17.00
Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru bisa dilaksanakan langsung di Kampus UNISA Kuningan (Sekretariat P2K) atau diwakilkan atau bisa via POS, Telp, Fax, surat, atau via Internet atau via Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru online atau whatsapp 0813 8363 6175.

Lokasi Kampus UNISA Kuningan :

Jl. Mayasih No. 11 Cigugur Kuningan, Jawa Barat

PENDAFTARAN MAHASISWA BARU

Berikut adalah daftar Program Studi UNISA Kuningan yang dapat mengajukan beasiswa kuliah :

I. Fakultas Agama Islam (FAI)

1. Pendidikan Agama Islam (S-1)

Tujuan Pendidikan Program Studi S1 Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah)
Program Studi Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah) bertujuan menghasilkan tenaga kependidikan yang :
  • Memiliki wawasan, ketrampilan dan tradisi akademis.
  • Menguasai bidang ilmu sumber bahan ajar Pendidikan Agama Islam yang menjadi keharusan sebagai seorang guru agama.
  • Memahami secara mendalam tentang masalah-masalah peserta didik dan prinsip-prinsip dasar kependidikan.
  • Menguasai teori dan ketrampilan dalam bidang keguruan serta mampu mendemontrasikan kerjanya.

2. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) (S-1)

Profil Lulusan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) :
  • Guru MI dan SD Islam;
  • Peneliti Lembaga Pendidikan MI dan SD Islam;
  • Fasilitator dan Pelatih di berbagai Pelatihan Pendidikan MI dan SD Islam;
  • Penulis buku-buku Pendidikan MI dan SD Islam.
  • Pengelola lembaga atau unit bidang Madrasah Ibtidaiyah

3. Perbankan Syariah (S-1) 

Profesi dan Karir Lulusan Program Studi S1 Perbankan Syariah
Sarjana Perbankan Syariah dapat bekerja dan berkarir sebagai Akuntan publik, akuntan manajemen, akuntan sektor publik, audit internal, dan akuntan pendidik.

Berkarir di Lembaga Pemerintahan, Organisasi Swasta, maupun Kantor Akuntan Publik (KAP) sebagai Akuntan/auditor internal atau staf pemeriksa di berbagai departemen dan lembaga seperti di Departemen Keuangan, BPK, BPKP, KPK, Bank Indonesia, Direktorat Jenderal Pajak dan Kantor Wilayah Pelayanan Pajak di seluruh Indonesia, BUMN, BUMD, PMDN maupun PMA, staf ahli akuntansi dan pengendalian di dinas pemerintah provinsi, pemerintah kota atau kabupaten di seluruh Indonesia.

Menjadi Entreprenuer (Wirausahawan) dengan membangun jasa konsultan akuntan publik, keuangan dan perpajakan, konsultan manajemen untuk korporasi maupun perseorangan yang berwawasan teknologi informasi dan komunikasi.

4. Komunikasi dan Penyiaran Islam (S-1)

Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) menawarkan studi ilmu komunikasi yang terintegrasi dengan penyiaran dan dakwah Islam. Sebagai wadah untuk studi ilmu komunikasi, kurikulum di Jurusan KPI memasukkan semua mata kuliah wajib yang disepakati dalam forum ASPIKOM (Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi), seperti Ilmu Komunikasi, Teori Komunikasi, Filsafat dan Etika Komunikasi, Komunikasi Politik, Kumunikasi Antar Budaya, Desain Komunikasi Visual, dan sebagainya, sehingga kompetensi lulusan Jurusan KPI dapat disejajarkan dengan lulusan Jurusan/Program Studi Ilmu Komunikasi pada umumnya. Namun, ada nilai lebih yang dimiliki oleh lulusan Jurusan KPI dibandingkan dengan jurusan ilmu komunikasi di tempat lain. Nilai lebih tersebut adalah penguasaan ilmu dan pendekatan keagamaan yang juga diajarkan di Jurusan KPI. Mahasiswa diberi bekal perspektif keagamaan yang akan sangat bermanfaat, baik untuk kehidupan pribadinya kelak maupun untuk studi dan karirnya ke depan sehingga lebih mampu memahami objek studinya di Indonesia, yang berpenduduk mayoritas Islam.

Visi Program Studi : Menciptakan Prodi yang terkemuka di bidang Komunikasi dan Penyiaran Islam serta melahirkan sarjana yang memiliki kemampuan keilmuan komunikasi Penyiaran Islam, kepribadian, keterampilan dan penelitian.

Misi Program Studi :
  • Menyelenggarakan pendidikan untuk melahirkan sarjana Komunikasi dan Penyiaran Islam yang profesional, kredibel, dan berakhlak mulia.
  • Mengembangkan penelitian di bidang Komunikasi dan Penyiaran Islam.
  • Memperluas partisipasi Pengabdian Kepada masyarakat dalam rangka dakwah.
  • Meningkatkan jaringan kerjasama dengan berbagai pihak yang terkait dengan optimalisasi pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

 

II. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)

1. Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PAUD) (S-1)

Sarjana Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini dapat bekerja dan berkarir di lembaga penelitian, lembaga pendidikan (sekolah, perguruan tinggi (PTN dan PTS)), serta di berbagai instansi pemerintah ataupun swasta (nasional ataupun multinasional) sebagai Pendidik Profesional di bidang Pendidikan Anak Usia Dini, Peneliti Pendidikan Anak Usia Dini, Pemimpin/Manajer Pendidikan Anak Usia Dini, Konsultan Pendidikan Anak Usia Dini, dsb.

Menjadi Entreprenuer (wirausahawan) yang berwawasan teknologi informasi dan komunikasi, dengan mendirikan usaha jasa di bidang pendidikan seperti Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini, Bimbingan Belajar Anak Usia Dini, Taman Bermain Anak Usia Dini, Lembaga Pelatihan Guru Anak Usia Dini; atau mendirikan usaha jasa konsultan di bidang Pendidikan Anak Usia Dini.

2. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) (S-1)

Profil Lulusan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  • Lulusan yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berkepribadian yang ditunjukkan dengan prilaku guru sekolah dasar yang mengutamakan nilai-nilai disiplin, arif, bijaksana, hidup sehat dan bugar.
  • Lulusan yang mampu merancang, melaksanakan dan menilai proses pembelajaran di sekolah dasar yang mengacu pada pencapaian tujuan belajar baik aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik.
  • Lulusan yang menguasai materi pembelajaran, metodologi pembelajaran dan dapat merancang media pembelajaran yang interaktif yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran operasional konkrit di tingkat sekolah dasar.
  • Lulusan yang menguasai ilmu mendidik sehingga dapat menerapkan didaktik-metodik dalam menumbuhkembangkan peserta didik di tingkat sekolah dasar.
  • Lulusan yang mampu mengembangkan bidang keilmuannya melalui penelitian tindakan kelas berbasis pendidikan sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan IPTEK, berwawasan global, kreatif, dan inovatif.
  • Lulusan yang mampu berkomunikasi empatik dan berjiwa kewirausahaan serta memenuhi kebutuhan masyarakat di tingkat sekolah dasar.
Profil lulusan di atas mengacu pada Standar Kompetensi Guru Kelas (SKGK) SD/MI yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

3. Pendidikan Olahraga, Jasmani, Kesehatan, Rekreasi (S-1)

Sarjana Program Studi Pendidikan Olahraga, Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (OPJKR) dapat bekerja dan berkarir di lembaga penelitian, lembaga pendidikan (sekolah, perguruan tinggi (PTN dan PTS)), serta di berbagai instansi pemerintah ataupun swasta (nasional ataupun multinasional) sebagai Pendidik Profesional di bidang Pendidikan Orjaskes dan Rekreasi (OPJKR), Peneliti Pendidikan Orjaskes dan Rekreasi (OPJKR), Pemimpin/Manajer Pendidikan Orjaskes dan Rekreasi (OPJKR), Konsultan Pendidikan Olahraga, Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (OPJKR), dsb.

Menjadi Entreprenuer (wirausahawan) yang berwawasan teknologi informasi dan komunikasi, dengan mendirikan usaha jasa di bidang pendidikan seperti Lembaga Pendidikan (SD, SLTP, SLTA, Perguruan Tinggi), Bimbingan Belajar, Biro Les Privat; atau mendirikan usaha jasa konsultan di bidang Pendidikan Olahraga, Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (OPJKR).

4. Pendidikan Bahasa Inggris (S-1)

Sarjana Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dapat bekerja dan berkarir di lembaga penelitian, lembaga pendidikan (sekolah, perguruan tinggi (PTN dan PTS)), serta di berbagai instansi pemerintah ataupun swasta (nasional ataupun multinasional) sebagai Pendidik Profesional di bidang Pendidikan Bahasa Inggris, Peneliti Pendidikan Bahasa Inggris, Pemimpin/Manajer Pendidikan Bahasa Inggris, Konsultan Pendidikan Bahasa Inggris, dsb.

Menjadi Entreprenuer (wirausahawan) yang berwawasan teknologi informasi dan komunikasi, dengan mendirikan usaha jasa di bidang pendidikan seperti Lembaga Pendidikan (SD, SLTP, SLTA, Perguruan Tinggi), Bimbingan Belajar, Biro Les Privat; atau mendirikan usaha jasa konsultan di bidang Pendidikan Bahasa Inggris.

III. Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES)

1. Kesehatan Masyarakat (S-1)

Tujuan Pendidikan Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat
  • Dihasilkan sarjana di bidang kesehatan masyarakat yang memiliki kemampuan, keterampilan yang handal, serta kepribadian yang cakap dan berakhlak mulia yang dibutuhkan masyarakat, negara dan dunia usaha terutama dibidang Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dan Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku (Promosi Kesehatan).
  • Dihasilkan penemuan baru atau memajukan (kreatif dan inovatif) dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi kesehatan masyarakat melalui berbagai penelitian uji coba lapangan dengan pola pikir ilmiah.
  • Dilaksanakan pengabdian kepada masyarakat sebagai bentuk kepedulian Prodi S1 Kesehatan Masyarakat kepada masyarakat dalam bidang kesehatan dengan menerapkan prinsip-prinsip keilmuan.
  • Digalang kerjasama dengan lembaga lain baik secara vertikal maupun horisontal dan kooperatif dalam rangka pembinaan program studi dan personil dengan lembaga yang terkait terutama dengan pemerintah daerah, instansi kesehatan dan dunia usaha.

 

2. Ilmu Gizi (S-1) 

 

IV. Fakultas Teknik (FT)

1. Teknik Mesin (S-1)

Sarjana Program Studi Teknik Mesin dapat bekerja dan berkarir di berbagai instansi pemerintah ataupun swasta (nasional ataupun multinasional) seperti BUMN, perusahaan manufaktur, otomotif, energi, jasa konsultasi & kontraktor, pertambangan & perminyakan, lembaga penelitian, perguruan tinggi (PTN dan PTS), dsb; sebagai pemimpin atau manajer, atau tenaga ahli maintenance engineering, konversi energi, manajemen energi, perancang dan pengembang bidang teknik seperti otomotif, teknologi manufaktur, dsb.

Menjadi technopreneur dengan mendirikan jasa konsultan dan kontraktor yang berkaitan dengan pemakaian bahan bakar, performance, dampak dan manajemen energi, analisa performance engine, training pengoperasian & maintenance, perancangan & pengendalian proses dan sistem manufaktur, pelatihan teknologi manufaktur, CAD/CAM, CNC, quality Control dan metrologi industri, dsb.

2. Teknik Informatika (S-1)

Sarjana Program Studi Teknik Informatika dapat bekerja dan berkarir di berbagai instansi pemerintah ataupun swasta (nasional ataupun multinasional) sebagai Analisis Sistem (System Analysis), Desainer Sistem (System Designer), Konsultan Pengembangan Sistem, Administrator Database (Database Administrator), Administrator Jaringan (Network Administrator), Specialist in IT Security, Mobile Application Programmer dan Design, Information and Communication Technology (ICT) Consultant, Web Developer, Artificial Intelegence Applicator, ICT Project Manager, ICT Researcher, dsb.

Berkarir/bekerja pada bidang Sistem Informasi Korporasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Jaringan, Sistem Multimedia, Database, Networking, Software, Multimedia, E-Business di Konsultan IT/IS, Perusahaan Telekomunikasi, Industri Manufaktur, Bank, Asuransi dan lembaga keuangan lainnya, Perusahaan Networking, Internet Service Provider, lembaga penelitian, perusahaan jasa (transportasi, pariwisata, dsb), Instansi Pemerintah, Perguruan Tinggi, dsb.

Berkarir/berprofesi sebagai Manajer Departemen Sistem Informasi, Manajer Proyek Pengembangan Sistem Informasi, Artificial Intelligent, Computer Networking, System Support, System Design, Database Administrator, Web Developer & Designer, Game & Embedded System Program, Programmer Analyst, Software Engineer, Tenaga Pengajar/Dosen, dsb.

Menjadi Technoprenuer dengan mendirikan jasa konsultan Information Communication Technology System, Business & system analysis, Software Engineer, Game Developer, Progammer, dsb.

3. Teknologi Pangan (S-1)

Sarjana Program Studi Teknologi Pangan dapat bekerja dan berkarir di berbagai instansi pemerintah ataupun swasta (nasional ataupun multinasional) sebagai perencana, perekayasa, praktisi, tenaga ahli, manajer/staff, konsultan, peneliti, quality control, supervisi atau analis, dsb, pada berbagai bidang, terutama pada bidang :
  • Industri hasil peternakan : industri pengolahan susu, corned beef, daging kaleng, sosis, nugget, pakan ternak, dsb.
  • Industri hasil perairan : industri pengalengan dan pengolahan hasil perairan (ikan air tawar, ikan laut seperti sarden/mackerel, tuna, udang, kerang, rumput laut dsb).
  • Industri hasil tanaman pangan : industri pangan instan, roti/bakery, flour mills, dsb.
  • Industri hasil tanaman perkebunan : industri gula, kopi, teh, coklat, dsb.
  • Industri hasil tanaman hortikultura : industri pengolahan dan pengawetan buah-sayur.
  • Industri produk fermentasi : alkohol, sorbitol, HFS, bir, MSG, makanan tradisional dsb.
  • Industri produk minuman dan makanan ringan : air kemasan, soft drink, syrup, confectionery, jam & jelly, snack & crackers, pangan ekstruksi dsb.
  • Dsb.
Sarjana Program Studi Teknologi Pangan dapat bekerja dan berkarir sebagai peneliti atau analis pada lembaga / balai penelitian atau dosen di Perguruan Tinggi atau Lembaga Pendidikan Pelatihan Profesional; sebagai pengawas gizi di berbagai perusahaan, dsb.

Menjadi technopreneur atau entrepreneur (wiraswasta) dengan mendirikan jasa konsultan atau kontraktor di bidang pangan dan agroindustri, di bidang industri dan pengolahan pangan; mendirikan restoran dan catering (jasa boga), dsb.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Beasiswa Kuliah 13 Program Studi UNISA Kuningan"

Posting Komentar